INDONESIA NEGARA YANG KAYA RAYA

INDONESIA NEGARA YANG KAYA RAYA

Oleh 
Rina Rumahorbo 


AIR dan LISTRIK 
Utk teman-teman yg suka traveling di penginapan berbayar, mungkin air dan listrik bukanlah sesuatu yang perlu dipertimbangkan, karena sudah terbiasa dan "bebas" digunakan seperti penggunaan di negeri Indonesia yg kaya dan bebas air dan listrik ini... 
Waktu saya pergi keliling Asia Tenggara, saya tidak pernah memperhatikan banyak air dan listrik yg saya gunakan.. Karena yaaa.. selama saya keliling, saya hampir menggunakan akomodasi berbayar.. Belum lagi kemungkinan besar negara2 lain SEA kemungkinan punya kemiripan dgn Indonesia: kaya dan bebas air dan listrik...
Ketika saya mau berkeliling India, saya mendengar kalau di India sangat sulit air, mangkanya saya mempersiapkan diri utk "berhemat sangat" air sampai2 rambut saya saya potong pendek. Maksudnya supaya ngga perlu banyak air utk keramas...
Ternyata air di India berlimpah ruah... Bahkan masih lebih ruah dibanding di Indonesia...
Utk listrik di India, saya pikir juga tdk terlalu membebani rakyat jelata India... Jadi saya mengalami tidak terlalu berbeda dgn Indonesia...
Saya belom pernah ke Eropa. Sahabat saya sudah tinggal di sana dan minggu lalu dia berkunjung pulang ke negeri ini. Waktu kami sedang berada di rumah, dan dia langsung menutup keran yg mengucur waktu saya SEDANG cuci piring.. It was annoying me, krn sy sedang mencuci. Dan dia bilang, kalo di Jerman, air dan listrik itu sangat mahal! Buka keran, setiap tetes air itu mahal. Mangkanya mereka biasa menumpuk dulu cucian piring di basin dan sabunnya pun bukan jenis sabun yg perlu dibilas... Heee? Saya tipe org yg suka mandi jebyur jebyur pake gayung segode2 bagong... Kalo saya ke Jerman or ke negara2 Eropa lainnya, artinya saya harus meninggalkan "luxurious" kelimpahan air itu dong??? Hiks!
Dan ketika suaminya sahabatku yg orang Jerman diajak ke Mal Taman Anggrek di malam hari, dan dia lihat lampu2 hias mal yg gemerlapan, dia langsung berkomentar: "Indonesia kaya ya? Listrik tidak mahal!"
Hal2 yg sepele: air dan listrik, di negara kita, ternyata sangat mahal di negara lain... No wonder penginapan di Eropa mahal... No wonder kalo teman2 Eropa ku nginap di rumah, mereka iriiiitttt banget nggunain air ku... Sampe2 nyuci baju pun cuman sekedar basah, kasih "deterjen" yg mrk bawa, kucek dan diemin bentar, udah.. Langsung peras! Hahahaha... Gw yg panik minta mereka bilas lagi tuh baju... Duhhh: ternyataaaa...
Ada pengalaman lain tentang air dan listrik di negara2 yg disinggahi? Sekali lagi, kalau di akomodasi berbayar, kemungkinan besar ngga akan kelihatan... Nginep di rumah lokal aja kemungkinan akan "dibebasin" krn tamu