Mengenal Fungsi Dewan Penasehat - Dewan Syuro - Majelis Syariah

Mengenal Fungsi Dewan Penasehat - Dewan Syuro - Majelis Syariah

KH Maimun itu adalah Ketua Majelis Syariah. Setiap partai mengenal yg namanya Majelis Syariah (PKB disebut Dewan Syuro), ygmana di partai Nasionalis disebut dengan Dewan Penasehat, atau Dewan Pertimbangan, atau Majelis Penasehat...dan sejenisnya. 

Fungsi utamanya adalah sebagai penasehat ketua terutama ketika ada keputusan yg salah ambil. Di partai berhaluan Islam, biasanya di isi oleh orang2 tua sepuh yang sangat di segani di Partai maka fatwa yg mereka keluarkan otomatis bisa menjadi perintah, meskipun disuratnya ditulis "saran".

Pada prakteknya Ketua bisa menolak fatwa tersebut...contoh ketika Muhaimin sebagai ketua PKB menolak fatwa yg dikeluarkan oleh Almarhum Gusdur yg ketika itu beliau adalah ketua Dewan Syuro PKB.

Sebagian besar ketua partai akan menurut pada fatwa dari Majelis Syariah, karena suara majelis syariah biasanya sangat dituruti oleh seluruh kader partai. Tidak perlu berfikir jauh2 bahwa ini merupakan upaya "deligitimasi" posisi ketua partai, namun seorang ketua majelis syariah itu biasanya memang luar biasa besar kharismanya diantara kader partai, sehingga jika melawan bagi mereka malah seperti seorang anak melawan orangtua.